Jumat, 07 Oktober 2016

Membuat satu password untuk semua akun online

Membuat satu password untuk semua akun.


Pada dasarnya satu password untuk semua akun baik email, sosial media, atau yang lainnya tidak boleh sama. Artinya setiap password harus berbeda supaya tidak mudah dibajak atau di hack. Tapi kalau tiap akun berbeda password juga menyusahkan bahkan seringkali lupa karena mempunyai banyak akun dan banyak password. Biasanya orang yang mempunyai banyak akun email atau akun lainnya adalah IMers (Internet Marketers).
Orang – orang ini biasa mempunyai ratusan bahkan mungkin ribuan akun untuk keperluan pribadi. Nah, lalu bagaimana kita mengatur password untuk setiap akun tanpa lupa sedikitpun? Mari kita bahas.
Membuat satu password untuk semua akun online

1.     Password Master

Password master artinya disini adalah sebuah kata yang sering anda ingat atau mudah diingat. Gunakan kata ini sbagai induk atau password master dari semua akun. Kata – kata yang mudah diingat atau sering muncul dalam pkiran anda akan memudahkan anda untuk mengingatnya ketika dibutuhkan.


Password master ini tidak hanya kata atau nama tapi bisa istilah atau sebutan anda sendiri. Misalnya anda suka seeorang, nah anda punya panggilan tersendiri untuk orang tersebut. Nah, panggilan tersendiri itulah yang bisa anda gunakan untuk password master.

2.     Mengunakan nama yang mudah diingat.

Selain password master, menggunakan nama yang mudah diingat juga bisa untuk membuat satu password untuk semua akun. Anda hanya perlu mengkombinasikan dengan angka dalam setiap akunnya supaya berbeda dengan akun lain. Misalnya pada akun pertama anda beri password dengan nama Rina, pada akun kedua anda bisa menambahkan angka atau huruf menjadi Rinaa1a atau yang lain sesuai keinginan anda. Dengan begitu anda mudah untuk mengingatnya.

3.     Kombinasikan dengan simbol

Untuk yang satu ini tidak jauh berbeda dari yang kedua. Anda hanya perlu menambahkan simbol. Simbol ini akan menjadi kesulitan tersendiri apabila ada orang yang mencoba menebak password akun anda. Simbol bida dengan @ atau # atau yang lainnya sesuai selera anda.

4.     Password tidak boleh sama.

Mungkin menurut anda apabila password dalam stiap akun sama akan memudahkan anda karena mudah diingat. Tapi hal ini salah besar, apabila anda kehilangan satu akun karena dibajak, maka akun yang lain juga akan raib karena passwordnya sama. Jadi mendingan ikuti saran saya dari nomer 1 – 3. Dengan begitu akun anda akan aman dan password mudah diingat.

5.     Buka secara rutin akun – akun tersebut.

Meskipun anda mudah mengingat password setiap akun, ada kemungkinan pula bisa lupa. Untuk menghindari hal tersebut taidak ada salahnya anda membuka akun – akun tersebut secara rutin untuk sekadar mengingat password. Sesuatu yang rutin dilakukan pasti akan menjadi kebiasaan, dengan kebiasaan inilah anda akan mudah untuk terus mengingat setiap password dari akun – akun anda di internet.

6.     Verifikasi login.

Untuk mengamankan akun di internet secara extra, anda bisa menggunakan verifikasi pada saat login. Tapi terkadang hal ini merepotkan kalau untuk saya sendiri, karena saya harus menunggu kode konfirmasi dan memasukkannya ke form login. Cukup membuang waktu 0,000 sekian detik.

          Pada dasarnya dalam membuat password untuk banyak akun anda hanya memerlukan sebuah password master atau kata indukan, lalu kombinasikan dengan karakter lain dan selalu rutin membuka akun – akun tersbut. Sekian dan terima gaji.

Bagikan

Jangan lewatkan

Membuat satu password untuk semua akun online
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>