Minggu, 18 Desember 2016

Perbandingan Google Pixel Dengan Apple iPhone

Perbandingan Google Pixel Dengan Apple iPhone


Google Pixel adalah smartphone dari Google yang telah diluncurkan beberapa minggu yang lalu. Fitur yang dibawa oleh smartphone android terbaru ini sangat mengesankan para pecinta android.

maniak hp
afr


Begitu juga dengan Apple iPhone. Apple iPhone terbarunya yaitu iPhone 7 series dengan iOS 10. Apple iPhone juga memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh Google Pixel. Namun itu semua tergantung dari penggunanya. Penggunanya berhak mengakui keunggulan dan kelemahan dari Google Pixel maupun Apple iPhone. Kamu harus coba trick texting di iPhone. Kamu juga perlu tahu kalau Fitur iPhone juga terinspirasi dari Android.

Berikut beberapa perbandingan antara Google Pixel dan Apple iPhone. iPhone yang digunakan disini yaitu iPhone 6. Karena belum memiliki iPhone 7 series.

1.  The Apple Ecosystem

Sebagai pembuka mari kita mulai dengan Apple iPhone.

Secara khusus, kombinasi antara iPhone dan Mac sangat brilian, yaitu memudahkan hal-hal yang mudah menjadi lebih mudah. Contoh sederhananya adalah AirDrop, membuat kamu dengan mudah mentransfer photo maupun video dari iPhone ke Mac maupun sebaliknya.

Kamu juga dapat menggunakan iPhonmu sebagai hotspot untuk Macbook tanpa masuk ke pengaturan terlebih dahulu. Setalah kamu mengatur iPhone mu sebagai hotspot, kamu dapat memilihnya di daftar WiFi Macbookmu.

Dengan menggunakan FaceTime, kamu bisa menerima pesan maupun panggilan dari iPhone di Mac. Perlu diingat, bahwa iMessage dan FaeTime hanya bekerja pada kontak yang menggunakan iOS.

Pengguna android mungkin mengatakan bahwa hal ini bisa dilakukan di perangkatnya. Tapi sejauh ini belum ada bukti semudah iPhone atau tanpa kerumitan-kerumitan yang berarti.

2.  Google Pixel Lebih ringan

Google Pixel XL dengan berat 168 gram dan iPhone 6s Plus dengan berat 192 gram. Sedangkan iPhone 7 memiliki berat 188 gram. Meskipun terpaut 4 gram lebih ringan, hal ini cukup berpengaruh namun tidak begitu berarti yaitu pada saat digenggam.

Denga berat yang lebih ringan tentu tidak berpengaruh pada performa dari kedua smartphone ini. Hanya saja kenyamanan saat digenggam dan digunakan, itupun tergantung pengguna. Bagi saya tidak masalah sama sekali, karena yang terpenting adalah spesifikasi.

3.  Genggaman Tangan


maniak hp
afr


Bicara soal genggaman, terkait perasaan (euhh :v )
Genggaman disini yaitu kenyamanan ketika kita menggenggam tangan dia, eh bukan, tapi gengaman ketikan menggunakan smartphone baik Google Pixel maupun iPhone. Pada point ini genggaman yang ditawarkan Google Pixel lebih baik dari iPhone.

4.  Varian Warna

Kalau masalah varian warna, tampaknya iPhone 7 series memenangkannya. Pasalnya, Google Pixel dan Pixel XL hanya memiliki beberapa varian warna yaitu black dan silver. Sedangkan iPhone 7 series memiliki varian warna yaitu silver, matte black, jet black, gold, dan rose gold.

Hal ini tentu membuat tampilan dan daya Tarik tersendiri dari penggunananya.

5.  Anti air

mainak hp
pixabay


iPhone 7 series dengan fitur anti airnya diharapkan menjadi sebuah keunggulan tersendiri. Yaitu dapat menjaga dari kerusakan yang diakibatkan oleh air. Hal ini berbeda dengan google pixel yang belum anti air. Tapi, bukankah anda bermain dan menggunakan smartphone tidak di dalam air?

6.  Pixel memiliki layar yang menakjubkan

Hal ini bisa dilihat dari resolusinya yaitu 1440p sedangkan layar iPhone 7 hanya 1080p. dengan resolusi ini tentunya membuat tampilan gambar dan video jauh lebih bening. Kayak kamu beningnya ( eh :v ).

Ditambah lagi dengan layar Amolednya Pixel membuat tampilan dilayar sangat menakjubkan.

7.  Soal Kamera

Point ketujuh yaitu soal kamera, bukan soal rasa *eh.
Kamera pada iPhone 7s memiliki dua lensa dan lensa yang kedua dapat digunakan untuk zooming. Lensa kedua ini memiliki optical zoom, bukan digital zoom.

Optical zoom memungkinkan kamu dapat memperbesar gambar tanpa mengubah resolusi atau kualitas gambar karena yang melakukan zooming adalah optical lensanya sendiri, bukan pixelnya. Sedangkan pada digital zoom, yang diperbesar adalah pixelnya sehingga dapat menimbulkan keburaman.

Lensa kedua ini juga dapat digunakan secara bersama dengan lensa utama untuk menciptakan photo blur. Lensa kedua menjadikan photo blur sedangkan lensa utama teap focus ke objek. Efek ini dalam iPhone 7s disebut “bokeh”. Hal ini dapat memberikan kesan dramatis pada photo kamu.
Terlepas dari semua itu, photo yang bagus tergantung dari objeknya yang bening  ( :v ).

8.  Fast Charging


maniak hp
afr


Sebuah Channel YouTube telah melakukan percobaan fast charging antara iPhone 7 Plus dan Google Pixel XL. Hasilnya, setelah dua jam di charge Google Pixel XL hamper 100% sedangkan iPhone 7 Plus masih di 72%

9.  Ketangguhan Battery

Pixel nampaknya memiliki daya baterai yang cukup lama. Hal ini dilakukan ketika tidak menggunakan sama sekali smartphone-nya dibandingkan dengan iPhone. Ditambah pixel fast charging, klop dah.

10.              Ukuran layar.

manak hp
afr


Google Pixel meskipun memiliki ukuran smartphone yang sedikit lebih kecil tapi memiliki ukuran layar yang sama dengan iPhone.

11.              Tampilan UI

UI ( User Interface) atau antarmuka pengguna dari kedua smartphone ini memiliki keunggulan masing-masing. iPhone dengan iOSnya yang Nampak lebih “premium” sedangkan Android dengan notifikasinya yang lebih elegant.

Semua tergantung dari selera pengguna dan pecintanya. Semoga tulisan sederhana ini dapat memberi sedikit informasi apabila anda ingin membeli smartphone baik Android devices maupun iOS devices.

Jadi, kira-kira bagaimana kalau kita membeli Google Pixel?
kira - kira bagaimana kalau kita membeli Apple iPhone?
kira - kira bagaimana kalau kita jadian? *eh :v


Thanks

Bagikan

Jangan lewatkan

Perbandingan Google Pixel Dengan Apple iPhone
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>