Sabtu, 10 Desember 2016

Kamera Handphone dengan aspek rasio 4:3 dan 16:9, Manakah yang lebih bagus?

Kamera Handphone dengan aspek rasio 4:3 dan 16:9, Manakah yang lebih bagus?


Apakah yang dimaksud aspek rasio?


          Oke, kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai aspek rasio. Aspek rasio adalah perbandingan antara panjang dan lebar sebuah foto. Jika panjang dan lebar sebuah foto sama maka aspek rasionya 1:1. Begitu pula pada kamera digital saku, aspek rasionya biasanya adalah 4:3, demikian juga kamera micro four thirdsnya Olympus atau Panasonic. Sedangkan pada kamera handphone paling umum adalah 4:4 dan 16:9. Di kamera DSLR Canon, Nikon, Sony, Pentax, aspek rasionya 3:2.

maniak hp
aspek rasio xiaomi


Apakah aspek rasio penting?

          Aspek rasio berkaitan erat dengan perbandingan panjang dan lebar sebuah foto maupun gambar. Aspek rasio mempengaruhi komposisi gambar yang kita ambil dari kamera handphone. Dengan mengetahui komposisi aspek rasio yang tepat diharapkan mampu menghasilkan jepretan yang sesuai keinginan.

Berikut beberapa aspek rasio yang sering dijumpai dalam dunia fotografi.

·       Aspek rasio 1:1

Aspek rasio ini memiliki perbandingan antara panjang dan lebar yang sama. Aspek rasio ini mulai popular digunakan oleh aplikasi smartphone setelah Instagram mempopulerkannya. Tapi, sebelum Instagram mempopulerkannya, aspek rasio ini adalah ukuran standar kamera Hasselblad yaitu 6x6cm.

·       Aspek rasio 3:2

Hampir semua DSLR masa kini yang menggunakan sensor besar menggunakan aspek rasio 3:2 ini. Aspek rasio ini mulai populer dan digunakan ketika Oskar Barnack memutar film negatif menjadi 90 derajat dan menggandakan lebar frame sehingga menghasilkan film negatif berukuran full frame 24x36mm yang sama seperti film yang digunakan kamera format 35mm.

·       Aspek rasio 4:3

maniak hp




Aspek rasio ini umumnya digunakan oleh media penyiaran TV dan video dengan resolusi 640x480 pixel. Kamera yang menggunakan sensor kecil, kamera saku yang mengusung system CCD, kamera dengan ukuran 4/3 dan micro four third kebanyakan menggunakan aspek rasio ini.
Pada kamera medium format, aspek rasio 4:3 juga dikenal dengan format 645 yang merujuk pada hasil foto dengan ukuran 6x4.5 cm.

·       Aspek rasio 5:4

Aspek rasio ini kebanyakan digunakan pada kamera large format dan kamera yang menggunakan film berbentuk lembaran. Kamera dengan aspek rasio ini mampu menghasilkan gmabar dengan ukuran 8x10 inci.

·       Aspek rasio 16:9

Aspek rasio ini banyak digunakan di kamera handphone sesuai keinginan penggunanya.

Dari beberapa aspek rasio di atas? Manakah yang sering anda gunakan apabila anda menggunakan kamera handphone? Bagusan mana antara 4:3 dan 16:9?

Kalau saya lebih merekomendasikan 16:9, mengapa? Karena aspek rasio ini memberikan komposisi yang pas pada jepretan kamera handphone saya.


Semua itu tergantung pilihan anda dan selera, karena setiap orang beda rasa.

Bagikan

Jangan lewatkan

Kamera Handphone dengan aspek rasio 4:3 dan 16:9, Manakah yang lebih bagus?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>