Rabu, 29 Juni 2016

9 Penyebab Utama Susah Tidur Pada Malam Hari

Penyebab utama kurang tidur pada malam hari


            Tidur merupakan kebutuhan penting untuk menunjang aktivitas keseharian. Apabila tidur kita tidak cukup maupun kulitas tidur yang buruk, akan berdampak kepada kesehatan tubuh. Beban pikiran yang cukup berat juga dapat membuat kita depresi dan memaksa kita untuk terjaga sepanjang malam sehingga susah untuk memejamkan mata.

            Hidup sehat yang baik adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan diimbangi dengan tidur yang cukup. Nah, jadi bukan hanya makan saja yang penting, tidur juga penting. Akan tetapi bukan berarti kita harus tidur setiap waktu. Ada batasan – batasan waktu ideal untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

            Penyebab susahnya tidur itu bermacam dan beragam alasannya. Rahasia supaya anda cepat tidur yaitu mengurangi kafein, tidur terjadwal, meditasi, tempat tidur yang hangat dan nyaman, jauhkan dari barang elektronik, suhu ruang memadai (tidak terlalu panas).
            Berdasarkan studi, tidur yang baik untuk anak remaja (14-17) adalah 8-10 jam, untuk anak dewasa (18-25) dan orang tua (26-64) adalah 7-9 jam. Sedangkan untuk usia lanjut (65+) adalah 7-8 jam setiap malam.

            Banyak juga kegiatan yang mungkin mengganggu waktu tidur anda misalkan mengerjakan pekerjaan yang belum selesai, memikirkan kembali masalah yang menimpa pada hari ini dan memikirkan bagaimana keesokan harinya.

            Anda tidak perlu khawatir dengan masalah yang menimpa hari ini karena hari esok mungkin masalah dapat terselesaikan.
Berikut ulasan mengenai penyebab anda susah tidur dan cara mengatasinya:

1.      Meminum kafein

Kafein banyak terkandung pada minuman kopi beberapa jenis cokelat juga mengandung kafein. Seperti yang sudah anda ketahui bahwa kafein akan membuat mata anda tidak mengantuk, sehingga anda susah tidur.
2 jam sebelum tidur sebaiknya tidak meminum minuman yang banyak mengandung kafein . Supaya anda bisa tidur dengan tenang (tidur nyenyak maksudnya).

2.     Merokok

Merokok ini dikhususkan untuk pria, namun juga terkadang ada saja wanita yang merokok.
Merokok bagi sebagian besar orang dapat meningkatkan percaya diri, entah studi darimana ini. Nikotin yang terkandung dalam rokok selain menyebabkan kanker juga menyebabkan susah tidur.


Mata anda akan terjaga lebih lama apabila merokok. Hal ini tentu dapat mengganggu waktu tidur anda. Kurangi merokok ketika mau beranjak tidur. Meskipun anda akan merasa stress jika tidak merokok, tidak ada salahnya anda menggantinya dengan meminum teh yang tidak terlalu manis. Rasakan aromanya dan rileks. Ini akan mengurangi depresi anda.

3.     Minum alkohol

Selain minuman yang mengandung kafein, minuman beralkohol juga dapat mengganggu waktu tidur anda. Tapi apabila anda minum beberapa botol bir, saya jamin anda langsung merem tergeletak.
Minum minuman beralkohol sebelum tidur akan membuat anda sering terbangung saat tidur, rasa mual yang tidak bisa anda tahan inilah yang membuat anda sering terbangun.
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- muhtars6 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:728px;height:90px" data-ad-client="ca-pub-4166563393782208" data-ad-slot="8174727177"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

4.     Perangkat elektronik

Perangkat elektronik khususnya gadget juga dapat membuat anda susah tidur. Cahaya yang dihasilkan gadget maupun smartphone anda, akan merangsang pikiran anda supaya tetap terjaga.
Selain itu, dapat memperlambat bahkan menghentikan produksi melatonin. Melatonin sangat diperlukan tubuh untuk tidur. Ketika melatonin produksinya lambat bahkan berhenti, akan menyebabkan anda terjaga sepanjang malam.

5.     Minum obat tertentu.

Meskipun pada umumnya obat menyebabkan kantuk. Tapi ada beberapa obat tertentu yang malah membuat anda menjadi insomnia dan susah tidur.
Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini terjadi anda sebaiknya meminta resep obat dari dokter yang tepat supaya tidur anda tidak ternganggu dan anda tetap sembuh dengan meminum obat.

6.     Menonton televisi

Tanpa disadari apabila anda menonton televisi juga dapat mengganggu tidur anda, sekalipun itu acara penghilang stress. Lebih baik anda bermeditasi sebentar untuk mengurangi depresi dan stress. Ini akan membuat otak anda lebiih rileks dan mudah untuk tertidur.
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- Muhtarsss --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:320px;height:100px" data-ad-client="ca-pub-4166563393782208" data-ad-slot="5897415173"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

7.     Makan

Anda pikir dengan makan anda dapat tidur dengan pulas? Tidak semua makanan akan membuat anda tidur menjadi mudah dan nyenyak. Apabila anda makan makanan yang berasam, berminyak, dan pedas-pedas, anda akan sering terbangun karena perut anda mulas, tenggorokan kering karena makan gorengan.

Makan sebelum tidur diperbolehkan saja asalkan tidak kebanyakan.

Selain itu minum minuman yang bergula atau yang manis-manis sebelum tidur juga menyebabkan naiknya tekanan gula darah anda. Cukup minum air putih sebelum tidur.

8.     Minum berlebihan

Hal ini sebaiknya anda hindari ketika mau tidur, supaya tidak sering terbangun karena ingin kencing.

9.     Bermain game

Bermain game juga merangsang otak anda untuk terus bekerja, sehingga anda susah tidur dan cenderung terjga sepanjang malam.

Beberapa hal yang sering kita lakukan sebelum tidur ada yang menyebabkan kita semakin mengantuk namun ada pula yang membuat kita malah susah untuk tidur.



Bagikan

Jangan lewatkan

9 Penyebab Utama Susah Tidur Pada Malam Hari
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>