Minggu, 26 Juni 2016

7 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Ketika Menyikat Gigi

Hal salah tentang menyikat gigi


            Menyikat gigi bagi sebagian orang merupakan kegiatan yang membosankan. Mereka ingin cepat selesai alam menggosok gigi, maka tak perlu heran jika anda menemui orang yang menyikat gigi secara cepat. Cara menyikat gigi secara cepat inilah yang sebetulnya salah namun sudah jadi kebiasaan sehingga dianggap biasa-biasa saja.


            Padahal apabila kita mengikuti tata cara yang benar dalam menyikat gigi, maka gigi kita akan sehat dan bersih tanpa mengeluarkan darah saat menggosok gigi. Biasanya kan banyak pada saat menyikat gigi gusi malah berdarah. Bukan gigi sehat yang didapatkan malah gigi terluka akibat berarah yang didapatkan.
Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan menyikat gigi yang sebenarnya salah untuk dilakukan.

1.     Menyikat gigi dengan keras = gigi bersih

Seringkali kita terburu-buru mau berangkat sekolah atau kerja. Apabila anda belum menyikat gigi pasti anda akan segera menyikatnya dan dilakukan dengan secepat mungkin. Mungkin menurut anda dengan begitu gigi anda akan bersih dan cepat selesai. Justru hal itu sangat salah, mengingat gusi gigi juga sensitif dengan benda –benda keras.

Jika anda menyikat gigi dengan terlalu keras dan cepat. Tidak menutup kemungkinan anda akan mengalami gangguan kesehatan pada gusi anda. Seperti radang gusi, pendarahan dan gusi bengkak. Apabila hal ini terjadi tentu akan mengganggu anda khususnya mulut anda.
Menyikat gigi sebaiknya dilakukan dengan perlahan dan santai. Tidak perlu tergesa-gesa.

2.     Terlalu sering menyikat gigi

Mungkin menurut anda apabila sering menyikat gigi akan membuat gigi anda lebih bersih dan sehat, akan tetapi hal ini justru salah. Apabila anda terlalu sering menyikat gigi maka mulut anda akan tersa kering. Menyebabkan mulut anda kurang nyaman.
Menyikat gigi maksimal 3X sehari setelah makan pagi, makan siang, ataupun makan malam/mau tidur. Minimalnya dalam menyikat gigi cukup 2X sehari setelah makan pagi dan sebelum tidur.

3.     Tidak segera menyikat gigi

Ketika anda selesai makan segeralah untuk menykiat gigi. Hal ini dimaksudkan supaya anda tidak lupa nantinya untuk bersikat gigi. Karena seringkali setelah selesai makan yaudah, lupa untuk menyikat gigi.

4.     Berkumur terlalu keras

Dalam berkumur juga tidak perlu terlalu keras. Lakukan dengan lembut supaya email yang dihasilkan pasta gigi anda untuk gigi anda tidak ikut larut dalam air kumuran anda. Dengan begitu gigi anda akan mendapat asupan nutrisi dari pasta gigi.

5.     Terlalu lama menyikat gigi

Anda pikir apabila anda semakin lama menyikat gigi maka gigi akan semakin bersih? Tidak begitu. Semakin lama anda menyikat gigi maka semakin menipis pula gigi anda. Cukup 2 menit atau kurang. Jangan lebih dari 2 menit.

6.     Menggunakan sikat gigi asal

Apabila anda menggunakan sikat gigi asalan ditakutkan kualitasnya beda. Jadi pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan mulut anda dan nyaman ketika dipakai untuk menyikat gigi.

7.     Menggunakan pasta gigi asalan

Pasta gigi juga turut berpengaruh dalam menentukan kesehatan gigi anda. Apabila anda menggunakan pasta gigi yang tidak tepat maka gigi anda dapat rusak. Kerusakan yang timbul dapat menyebabkan gigi copot.

Oleh karena itu pilihlah pasta gigi yang memenuhi standar dan nyaman di mulut anda.

Kesehatan gigi apabila dirawat dengan cara yang salah maka percuma saja anda memiliki gigi rapi tapi kesalahan-kesalahan di atas masih saja dilakukan.

Bagikan

Jangan lewatkan

7 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Ketika Menyikat Gigi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>