Rabu, 22 Juni 2016

8 Cara Smartphone Mengacaukan Kesehatan Anda

Bagaimana smartphone anda mengganggu kesehatan anda?


            Smartphone merupakan ibarat sebuah wabah virus yang mengganggu manusia. Semuanya berubah semenjak kehadiran smartphone. Perubahan itu ada yang berdampak positif namun banyak juga yang berdampak negatif. Setiap hari pandangan mata tak pernah luput dari smartphone. Entah apa spesialnya smartphone ini.

            Baru-baru ini polling yang dilakukan Pew Internet Research telah menunjukkan bahwa 64 persen orang dewasa di Amerika telah memiliki smartphone dan hampir 25 persen populasi manusia didunia memliki smartphone yang setiap harinya terus meningkat. Hal ini juga didukung harga murah beberapa merk smartphone yang tentunya mempermudah seseorang untuk memilikinya.

            Di era globlisasi ini kita dituntut untuk menyesuaikan jaman. Salah satunya dengan memiliki smartphone. Memiliki smartphone memang sangat penting, apabila apa yang ada dalam smartphone dapat membuat dan meringankan pekerjaan kita.

            Berbagai fitur dan aplikasi telah ditawarkan oleh smartphone, dimulai dari akses internet dengan mudah, sistem navigasi yang dapat membantu kita, dan berbagai macam fitur lainnya yang ada pada smartphone. Namun ada kalanya untuk tidak menggunakan smartphone.

            Smartphone anda harus gunakan pada saat memerlukannya saja, apabila anda menggunakannya terlalu sering, maka akan mengundang masalah kesehatan.
Berikut adalah beberapa cara smartphone mengacaukan kesehatan anda:

1.     Membebani mata

Sudah pasti mata akan terbebani karena dituntut untuk sering melek. Cahaya biru yang dipancarkan smartphone telah terbukti dapat membahayakan kesehatan mata, bahkan dapat mengakibatkan permanen. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya penelitian.

Jadi, anda harus menjaga kesehatan mata anda. Salah satu caranya adalah dengan menjaga jarak pandangan 30 cm dari smartphone ke mata. Cara sederhana ini akan mengurangi resiko masalah kesehatan mata.

2.     Ketergantungan

Dalam kehidaupan masyarakat jaman sekarang, smartphone kita lah yang terkadang menjadwal peristiwa-peristiwa penting kita. Seperti hari ulang tahun, membangunkan kita dengan alarm. Dengan begitu kita tidak perlu repot-repot mengingat karena sudah ada si smartphone tadi yang akan selalu mengingatkan kita.


Selain itu kita juga bergantung kepada smartphone ketika kita bosan. Boleh saja sih apabila untuk sekedar hiburan asal jangan terlalu sering.

Ketergantungan ini akan membuat otak kita jadi mudah lupa, karena sudah terbiasa tidak melatih otak untuk mengingat hal – hal penting. Malahan hal-hal penting itu diserahkan ke smartphone yang notabene bukan tempatnya.

3.     Mengganngu postur tubuh

Smartphone memang benar-benar mengacaukan kesehatan kita. Smartphone mengubah postur tubuh kita bisa dilihat dari cara membaca ketika ada pesan, membaca email masuk ataupun ketika kita browsing dan bermain game. Posisi duduk kita biasanya membungkuk, posisi inilah yang membuat postur tubuh kita tadinya gagah tegak kini membungkuk.

4.     Mengganggu tidur anda

Berlama – lama memainkan smartphone membuat pikiran anda dirangsang dan sulit bagi anda untuk tertidur. Menurut CNET, cahaya pada layar smartphone dapat memperlambat bahkan menghentikan produksi melatonin. Tanpa melatonin kita dapat terjaga dan tidak ngantuk lebih lama.

Hal ini akan mengurangi jam tidur anda dan dapat mengganggu kesehatan anda.

5.     Membuat anda sakit

Jangan salah, smartphone anda juga akan membuat anda sakit. Hal ini disebabkan layar sentuh anda yang mungkin mengandung bakteri dan menular ke tangan anda sendiri.  Untuk mencegahnya, anda cukup menjaga layar smartphone dan tangan anda supaya tetap bersih.

6.     Leher dan punggung akan sakit

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa membungkuk terlalu lama di depan smartphone akan menimbulkan postur tubuh yang buruk. Hal ini juga dapat membuat leher dan punggung anda sakit. Pada awalnya leher dan punggung anda merasa tidak nyaman, mungkin hanya otot yang kaku dan tegang.

Akhirnya leher dan punggung anda akan menyakiti anda dan anda akan merasakan kesakitan.

7.     Meningkatkan resiko kecelakaan.

Seperti yang sudah kita ketahui, menggunakan smartphone apapun bentuknya saat berkendara dapat meningkatkan kecelakaan. Apabila anda tetap menggunakannya, tentunya konsentrasi anda akan terbagi dua. Apabila kecelakaan terjadi, kesehatan anda pun terganggu.

8.     Pendengaran akan terganggu

Menggunakan headphone pada smartphone dengan volume yang tinggi tidak menutup kemungkinan akan mengganggu pendengaran anda. Ketika anda sering mendengar suara yang bervolume tinggi, akan susah apabila mendengar suara bervolume rendah.

            Selain 8 hal diatas, apabila anda sering menggunakan smartphone dan tidak bisa terlepas dari smartphone, kemungkinan stress akan meningkat ketika smartphone anda mati atau anda lupa bawa charger.




Bagikan

Jangan lewatkan

8 Cara Smartphone Mengacaukan Kesehatan Anda
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>