Kamis, 30 Juni 2016

7 Peran Penting Orang Tua Dalam Keluarga

Peran Orang tua Terhadap anak


               Keluarga merupakan unit terkecil dalam sebuah masyarakat yang didalamnya terdapat bebrapa orang. Di dalam keluarga karakter anak dan perilaku tergantung dari ajaran orangtua. Oleh karena itu, peran orangtua terhadap anak sangat penting. Apapun alasannya orangtua lah yang mampu mendidik dan membentuk karakter anak dengan baik.
flickr.com


               Pendidikan yang didapat oleh anak pertama kali harus didapat ari orangtuanya langsung. Jangan dari neneknya atau malahan baby sitter. Sesibuk apapun urusan dunia anda, usahakan selalu ada waktu untuk dunia anak anda. Hal ini untuk menjalin tali batin yang kuat sehingga anak akan mudah anda didik.

               Selain itu, orangtua juga harus lebih intens terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak. Orang tua harus tahu apa yang sedang anaknya pelajari, dalami, dan mengetahui perkembangan perilaku anaknya. Supaya anak tersebut tidak keluar dari jalur yang benar.

               Orang tua memiliki peran penting dalam mendidik anaknya. Ada beberapa peran penting orang tua yang harus dijalankan ketika memiliki anak dan menginginkan anak tersebut mempunyai karakter yang baik. Berikut ulasannya:

1.      Fungsi Agama

Orang tua berperan penting dalam pendidikan agama. Orang tua yang baik akan mengajarkan ketuhanan kepada anaknya untuk percaya terhadap adanya tuhan. Mengajarkan nilai-nilai keluhuran dan sikap rendah hati supaya anak itupun memiliki pribadi yang luhur dan rendah hati.

Terlepas dari semua itu, orang tua juga harus menjadi tauladan yang baik untuk anaknya. Bukan mengajarkan kebaikan tetapi oran tuanya malah tidak mengerjakan kebaikan seperti yang sudah diajarkan kepada anaknya.

2.      Fungsi Sosial Budaya

Dalam bergaul di masyarakat, orang tua harus mengajarkan cara bersosialisai yang mudah dan benar. Hal ini ditujukan supaya anak mempunyai jiwa sosial dan solidaritas yang tinggi di masyarakat. Juga untuk menghindari sikap individualisme anak.

Budaya di masyarakat juga berpengaruh terhadap karakter dan mental anak. Disinilah peran penting orang tua dalam mendidik anak sangat dpierlukan. Orang tua harus mengontrol anaknya dalam bergaul dengan masyarakat. Jangan biarkan anak terjerumus dalam pergaulan bebas tanpa aturan.

3.      Fungsi Cinta Kasih


Dalam sebuah unit keluarga, hambar rasanya apabila tidak ada yang namanya cinta kasih. Seorang suami dan istri harus saling menjaga cinta dan kasih yang sudah dipercayakan oleh masing – masing pihak. Hal ini ditujukan untuk menciptakan keluarga yang harmonis.

Cinta dan kasih tersebut kemudian diajarkan kepada anak-anaknya. Supaya anak juga memiliki cinta dan kasih kepada orang tua maupun saudaranya sendiri. Dengan begitu, keluarga akan semakin harmonis dan akan terhindar dari perpecahan.

4.      Fungsi Perlindungan

Peran orang tua yang lainnya adalah perlindungan. Untuk melindungi satu sama lain dalam keluarga diperlukan kekompakan. Orang tua khususnya ayah harus mampu melindungi keluarganya.

Selain itu, anak juga harus terlindungi dari hal-hal negatif yang membawa dampak buruk bagi anak tersebut. Apabila anak sudah mulai menyimpang dari hal-hal positif, Seorang ayah harus mengambil tindakan tegas terhadap anaknya supaya anak tidak terjerumus kedalam hal-hal negatif yang lebih dalam.

5.      Fungsi Pendidikan

Pendidikan dalam suatu keluarga sangat penting. Orang tua juga harus terdidik supaya dalam mendidik anaknya tidak sembarangan. Sebisa mungkin anak mendapatkan pendidikan minimal lebih tinggi dari orang tuanya.

Seperti yang sudah saya sampaikan, dalam mendidik anak harus mengetahui cara yang benar. Apabila anak mendapat pendidikan keras dari orang tua, anak tersebut akan tumbuh dengan pribadi yang keras pula.
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- Muhtarsss --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:320px;height:100px" data-ad-client="ca-pub-4166563393782208" data-ad-slot="5897415173"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

6.      Fungsi Ekonomi

Memangnya Cuma Presiden yang mempunyai fungsi ekonomi? Keluarga juga punya lah,
Seorang ayah harus bisa memenuhi minimal kebutuhan pokok keluarga. Tapi banyak juga ayah di luar sana yang kurang beruntung. Oleh karena itu anda harus bersyukur apabila diberi rejeki dan bisa memnuhi kebutuhan pokok keluarga.

Orang tua juga harus mampu mengajarkan hidup sederhana kepada anak-anaknya supaya anak bisa hidup sederhana. Dan pada dasarnya anak itu pun akan terbiasa hidup sederhana dan terhindar dari membuang-buang uang.

7.      Reproduksi

Yang ini ngga perlu dijelaskan secara mendalam. Intinya apabila orang tua menginginkan keturunan yang bagus ya bikin dengan istrinya sendiri, jangan pake istrinya orang.
Anak juga harus mendapat pendidikan reproduksi yang benar. Supaya tidak terjerumus untuk mempraktikannya.




Bagikan

Jangan lewatkan

7 Peran Penting Orang Tua Dalam Keluarga
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>