Minggu, 14 Agustus 2016

5 Cara Anak STM Menghemat Uang Jajan

               Maniachp.xyz - Menghemat uang jajan bagi anak sekolah maupun anak kuliah wajib dilakukan supaya ada uang simpanan yang mungkin ada saatnya diperlukan secara tiba-tiba. Namun menghemat uang jajan juga tidak mudah, ada banyak faktor yang mempengaruhi seorang pelajar maupun mahasiswa kesulitan dalam menghemat uang jajan.

kaskus.co.id


               Menghemat uang jajan berarti kamu sudah ada bakat terpendam untuk bisa mengatur keuangan. Dengan menghemat uang jajan, kamu jadi lebih terlaltih untuk hidup hemat, prihatin, dan mampu menghargai jerih payah orang tuamu yang sudah susah payah mencari uang saku untukmu.

                Bagi anak yang dasar ekonominya kuat pun perlu untuk menghemat uang jajan. Karena memang dasarnya menghemat uang jajan itu wajib. Mending kalau sudah punya penghasilan walaupun sekolah. Kamu kan mungkin masih minta ini itu dan semua fasilitas dari orang tua. Jadi tidak pantas kalau kamu melakukan pemborosan uang jajan.

Baca Juga:



               Untuk itu, disini ada beberapa cara untuk menghemat uang jajan seperti yang sudah saya lakukan. Saya yang notabene anak STM sudah terbiasa untuk menghemat uang jajan. Oleh karena itu cara yang digunakan akan saya bagikan ke teman – teman.

1.      Sarapan pagi di rumah akan membuat perut kita kenyang cukup lama

Cara  pertama dalam menghemat uang jajan dan paling mainstream adalah sarapan pagi. Tapi sarapan paginya di rumah, jangan disekolah. Kalau di sekolah sama saja keluar uang jajan. Selain sarapan pagi baik untuk menunjang energi tubuh kita, sarapan pagi juga akan membuat kita kenyang untuk beberapa jam.

Apabila kamu sarapan paginya hanya minum susu+roti apalagi tidak sarapan, saya jamin jam 10 pagi ketika mencium aroma makanan baru matang dari kantin perut sudah mulai keroncongan. Untuk itu usahakan setiap pagi makan.

2.      Tidak perlu jajan pada istirahat pertama


Apabila anda sarapan paginya benar (dalam arti 4 sehat 5 belum sempurna), pada jam istirahat pertama biasanya kamu masih merasa kenyang. Kamu tidak perlu ke kantin dalam keadaan ini. Cukup mojok di kelas atau ke perpus untuk sekedar ngadem dan mandangin wanita kelas sebelah :v .
Pada jam istirahat pertama kamu cukup minum air supaya tidak dehidrasi.

3.      Makan sekadarnya pada jam istirahat kedua

Cara lain saya dalam menghemat uang adalah makan pada jam istirahat kedua seperlunya. Caranya adalah dengan membeli makanan yang bisa menunda lapar. Karena pada jam istirahat kedua apabila makan nasi, pasti pada jam pelajaran akan mengantuk.

Tapi apabila kamu sudah terbiasa membawa bekal dari rumah, ya makan saja bekalnya. Perkara mengantuk di kelas dan tertidur saat jam pelajaran anggap saja bonus.

4.      Jajan patungan

Untuk melakukan cara keempat ini, kamu perlu mencari seperjuangan yang sedang menghemat uang jajan pula. Karena saya sendiri terkadang susah cari teman yang suka menghemat uang jajan. Cara ini perlu dilakukan dua orang atau lebih.

Caranya, kamu hanya perlu membeli minuman atau makanan sedangkan teman kamu tadi juga sama. Memilih untuk membeli salah satu, minuman atau makanan. Dengan seperti ini, uang jajan kamu akan berkurang namun tidak terlalu banyak.

5.      Tidur sambil pasang headset


Cara ini terbilang cukup extreme untuk kamu yang belum pernah mencobanya. Kalau saya sudah pasti pernah bahkan sering dan cenderung berkelanjutan :v . Karena dengan cara inilah uang jajan pasti tetap dalam tempatnya.

Cara ini dilakukan hanya untuk memanfaatkan waktu istirahat maupun jam kosong. Mungkin kamu yang anak SMA kalau jam kosong dimanfaatkan untuk berfoto ria maupun selfie. Disinilah bedanya anak STM dengan SMA.

Sebenarnya masih banyak cara untuk menghemat uang jajan yang lebih terhormat dari yang di atas. Tapi beda orang juga beda cara untuk menyiasatinya. Jadi lakukan sendiri dengan caramu bagaimana cara untuk menghemat uang jajan.

Bukan berarti dengan menghemat uang jajan kamu terus di kelas terus dan  tidak keluar kelas yaa… tetap jalin komunikasi dengan teman lain meskipun nampaknya dia tidak menghemat uang jajan. Bukan berarti pula dengan menghemat uang jajan kamu menjadi pelit. Apabila ada teman yang memang lagi membutuhkan uangmu, jangan sungkan untuk memberinya. Pasti ada balasan kok.
Sekian dan terima kasih.
              




Bagikan

Jangan lewatkan

5 Cara Anak STM Menghemat Uang Jajan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>