Sabtu, 20 Agustus 2016

8 Cara Cermat Menghemat Kuota Internet Yang Baik dan Benar

Menghemat Kuota Internet di android maupun menghemat data perlu dilakukan supaya pengeluaran tidak begitu bengkak. Selain itu, dengan menghemat kuota data membuat kita jadi lebih terlaltih untuk hidup hemat. Orang yang hebat adalah orang yang mampu menggunakan kuotanya dengan tepat :v .


youtube.com


Ditambah lagi dengan mahalnya paket data yang disediakan provider. Ditambah lagi kalau anda seorang pelajar, anda harus benar-benar menghemat kuota. Kuota internet anda harus digunakan secara cermat dan tepat. Hal ini perlu dilakukan Untuk menghindari pemborosan dan pembuangan kuota sia-sia.



Banyak factor yang menyebabkan kuota internet di android kita cepat habis atau boros. Dari sekian banyaknya factor, factor kebiasaan kita sendiri lah yang paling besar. Kebiasaan anak jaman sekarang yang katanya selalu kekinian menghabiskan banyak waktunya hanya untuk online.

Hampir setiap detik mengecek BBM meskipun tidak ada BBM dari teman, mengecek instagram yang isinya iklan OLSHOP doang, mengecek Facebook meskipun 5 menit sebelumnya sudah dicek. Begitu terus menerus, kalau kuota habis baru berhenti :v . Nah, untuk itu anda perlu rubah kebiasaan buruk ini.

Baca juga :


Faktor lain biasanya karena sering streaming. Kalau sekedar hiburan untuk menghilangkan jenuh atau memang ada perlu itu sih tidak masalah. Nah kalau sering streaming terus menonton hal yang notabenenya tidak penting? Itu sih pemborosan.


Untuk itu saya akan membahas sedikit cara untuk menghemat kuota data android anda.
1.      Pastikan aplikasi yang terinstall di android anda bermanfaat.

Mengapa anda perlu melakukan ini? Karena kalau nantinya aplikasi mengakses data anda tidak akan rugi, karena aplikasi tersebut memang bermanfaat untuk anda. Anda tidak perlu menginstall aplikasi yang tidak penting, misalnya dan paling sering adalah battery saver. Aplikasi tersebut dapat berjalan di belakang dan juga mengakses kuota data internet anda.

2.      Matikan aplikasi

Cara kedua adalah mematikan aplikasi yang dapat berjalan sendiri dan memakan kuota data internet tanpa anda ketahui. Caranya dengan masuk ke settings/data usage, tinggal pilih mana aplikasi yang menyerot data internet dan tidak begitu penting lalu matikan app’nya.

3.     Update aplikasi harus hanya dari wifi


Anda perlu mengatur supaya apabila ada aplikasi yang perlu di update harus melalui koneksi wifi. Biasanya bebrapa aplikasi seperti playstore sudah otomatis mengaturnya.

4.     Matikan GPS jika tidak diperlukan

Fitur GPS akan selalu mengakses ke internet untuk menunjukkan letak posisi terakhir android anda. Apabila anda tidak sedang dalam traveling disarankan untuk mematikan fitur ini.

5.     Mengontrol sosial media

sudah dijelaskan sebelumnya, anda hanya perlu mengecek sosial media jika ada pemberitahuan dari ponsel android anda saja. Apabila anda selalu mengecek sosial media, anda pasti akan terpancing untuk berselancar lebih jauh dan lama di medsos tersebut. Hal ini akan menyedot kuota.

6.     Resolusi streaming

Apabila anda ingin selalu streaming dan ingin menghemat kuota internet juga, anda perlu mengatur resolusi videonya. Karena semakin besar resolusi semakin besar pula kuota yang dibutuhkan. Atur di posisi sedang saja, tidak terlalu bures dan tidak terlalu menyedot kuota banyak.

7.     Manfaatkan fitur gratisan


Apabila anda dekat dengan wifi gratisan, anda manfaatkan saja wifi tersebut. Tidak perlu gengsi untuk bertanya passwordnya. Percayalah kalau gengsi hanya membuat sengsara.

8.     Membeli paket yang lebih spesifik

Ada beberapa provider yang menyedikan paket khusus. Misalnya paket hanya untuk media sosial seperti paket KZL Axis. Mafaatkan saja fitur ini. Kalau ingin mendownload anda tinggal mencari wifi gratisan :v .

Begitulah kira-kira cara menghemat kuota internet di android. Semoga harga kuota internet semakin murah sehingga tidak perlu menghemat lagi *ups. Sekian.



Bagikan

Jangan lewatkan

8 Cara Cermat Menghemat Kuota Internet Yang Baik dan Benar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>