Jumat, 10 Juni 2016

Alasan Polusi Udara Penyebab Stroke

Polusi udara penyebab utama stroke.

            Tinggal di daerah perkotaan memanglah sangat menyenangkan karena penuh dengan keramaian, penuh dengan hiburan, layanan yang mudah dijangkau, UMR besar pula. Tapi semua ini sebanding dengan risiko yang akan diterima, yaitu polusi udara. Berbeda dengan di desa, suasana yang masih tradisional dan belum terlalu ramai dengan kendaraan membuat udara di desa lebih baik daripada di kota.

theguardian.com


            Polusi udara dihasilkan oleh asap kendaraan maupun asap cerobong pabrik. Pada era ini sudah banyak pabrik yang mengembangkan teknologi supaya asap limbah tadi tiak begitu berbahaya. Namanya polusi pasti tetap ada, hanya kadar berbahayanya mungkin yang berbeda – beda.

            Maka dari itu, tidak dapat dipungkiri bahwa polusi udara memiliki konstribusi paling besar untuk pertama kalinya sebagai penyebab penyakit stroke, dengan udara yang tidak bersih. Sepertiga penduduk di seluruh dunia hidup dalam kondisi ini dan kesehatan mereka terganggu.


            Polusi udara menepati peringkat ketujuh karena sumbangsihnya terhadap penyakit stroke. Dibawahnya yaitu peringkat 8 ditempati oleh asap pembakaran rumah tangga. Hal ini berdasarkan penelitian terhadap resiko global penyakit stroke yang belum pernah terjadi.

Valery Feigin selaku direktur Institut Nasional untuk Stroke dan ilmu saraf Terapan di Auckland University of Technology, mengatakan bahwa dia berharap polusi udara muncul sebagai ancaman yang mengejutkan bagi para peneliti.

Feigin juga mengatakan bahwa hasilnya sangat mencolok karena analisis tersebut kemungkinan telah meremehkan efek dari polusi udara pada stroke, sebagai dampak dari pembakaran bahan bakar fosil yang tidak sepenuhnya dipertanggungjawabkan. Emisi dari bahan bakar fosil yang lebih berbahaya bagi sistem kardiovaskular daripada partikulat tim  yang telah dianalisis,
Para ilmuwan di lapangan mengatakan "mengkhawatirkan" karena Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Lancet Neurology, menunjukkan bahwa bahaya yang disebabkan oleh polusi udara ke paru-paru, jantung dan otak telah diremehkan.

Sekitar 15 juta orang per tahun menderita stroke di seluruh dunia. Hampir enam juta mati, dan lima juta yang tersisa dengan cacat permanen, seperti kehilangan penglihatan dan berbicara, kelumpuhan dan kebingungan. Angka yang cukup tinggi untuk sebuah kematian.

Feigin menganalisis haul data medis dari Global Burden of Disease Study 2013 untuk membuat gambaran faktor risiko betapa berbedanya stroke meninggalkan orang-orang cacat dan memotong unur hidup mereka menjai lebih pendek di 188 negara antara 1990 dan 2013. Studi ini menyoroti dari seluruh dunia tentang penyakit yang dapat menyebabkan stroke, yaitu darah tinggi, diet rendah buah, obesitas, diet tinggi garam, merokok, dan tidak cukup makan sayuran.

Hampir tiga perempat dari beban penyakit stroke sebagian besar terkait dengan kebiasaan gaya hidup, seperti merokok, diet buruk dan terlalu sedikit latihan fisik, hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya orang dapat melakukan banyak hal untuk mengurangi risiko stroke. Sementara itu, polusi udara ambien terkait dengan 17%, dan kualitas udara rumah tangga 16%. Polusi di rumah sendiri berasal dari pembakaran bahan bakar padat untuk panas memicu munculnya sebagai faktor risiko stroke. Hal ini terjadi hanya di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Dari tahun 1990 hingga 2013, kerugian global yang disebabkan oleh stroke karena  akibat pola makan yang buruk, merokok dan hampir setiap faktor risiko lainnya naik, dengan hanya asap rokok dan polusi rumah tangga. Polusi udara di lingkungan banyak berasal dari kendaraan, pembangkit listrik, industri dan bahan bakar fosil, dengan pembakaran tradisional biomassa dan menjadi sumber utama di negara-negara berkembang.



Bagikan

Jangan lewatkan

Alasan Polusi Udara Penyebab Stroke
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>