Sabtu, 30 Juli 2016

Bongkar Tuntas Manfaat Matcha Green Tea

Matcha Green Tea

            Matcha, green tea asal Jepang ini terbilang memiliki sejuta manfaat. Karena kandungan anti oksidannya cukup tinggi, bahkan matcha memiliki tingkat klorofil tertinggi dari jenis the hijau lainnya. Manfaat yang disuguhkan matcha ini tentu sangat beragam. Selain untuk kesehatan tubuh, matcha juga bermanfaat untuk kesehatan si kulit wajah supaya tambah bersih dan syantikk :v .

pixabay.com

            Hal ini juga diungkapkan oleh dokter cantik Gloria Novelita Sp.KK. Dia mengatakan bahwa green tea pada tahun ini sedang menjadi tren, selain itu ternyata matcha dapat dijadikan produk skin care.

            Dibanding dengan teh biasa, matcha memiliki kandungan anti oksidan 100 kali lebih banyak. Anti oksidan tersebut akan melawan radikal bebas yang menyerang ke kulit wajah kita, membantu mencegah jerawat, mengurangi minyak pada kulit yang berlebihan, anti bakteri, mencegah stress dan depresi, serta mampu merelaksasi kulit wajah kita.

            Perlu anda ketahui, bahwa matcha adalah tumbuhan yang tidak terkena sinar matahari. Hal ini membuatnya memiliki anti oksidan yang cukup tinggi dan klorofil yang tertinggi dari semua jenis teh hijau lainnya.

            Apabaila anda rutin melakukan perawatan kulit wajah dengan bahan yang mengandung matcha, kulit wajah anda akan lebih bersih dan terhindar dari kusam, keriput, hingga jerawat.


Baca juga:


Saya akan memberikan 9 alasan penting mengapa anda perlu meminum teh matcha ini. Simak baik-baik:

1.      Matcha mempunyai anti oksidan yang tinggi

Sudah saya sebutkan di atas bahwa matcha memiliki anti oksidan yang tinggi. Anti oksidan adalah salah satu nutrisi penting dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan radiasi sinar UV, membuat kulit kita tampak lebih muda, dan melawan bakteri yang dapat mengancam jiwa.

Bagi orang yang normal dan bersyukur akan kesehatan yang diberikan Tuhan, maka dirinya pasti akan mencari anti oksidan. Anti oksidan akan didapakan dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan dark chocolate.

2.     Matcha mempunyai kandungan Catechin EGCg

Catechin EGCg (epigallocatechin gallate), adalah anti oksidan yang memiliki zat pemusnah kanker. Terlebih lagi anti oksidan ini mampu melawan zat-zat radiasi bebas yang dapat mengancam kesehatan yang bersumber dari radiasi sinar UV, dan radiasi bahan kimia.

3.     Matcha mengandung L-theanin

L-theanin yang terbalut hijaunya daun matcha dapat mengurangi stress. Zat ini sebetulnya umum terkandung dalam teh hijau maupun hitam lainnya, namun kandungannya dalam matcha 5 kali lebih banyak.

Manfaat lain dari L-theanin adalah meningkatkan daya konsentrasi pikiran kita. Jadi kita bisa lebih fokus terhadap apa yang kita hadapi.

4.     Matcha sebagai booster/peningkat energi

Matcha juga mengandung kafein seperti layaknya kopi. Hal ini dapat membuat penikmat matcha lebih berenergi. Dengan meminum matcha, anda akan terangsang untuk lebih rileks dan nyantai. Jadi rasa khawatir yang berlebihan akan terminimalisir.

5.     Matcha bermanfaat untuk membakar kalori


Matcha sangat membantu dalam proses metabolisme tubuh. Matcha juga pembakar lemak yang baik tanpa menimbulkan peningkatan tekanan darah maupun detak jantung. Sangat cocok untuk anda yang sedang dalam proses pelangsingan.

6.     Matcha sumber detoks yang ampuh

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa matcha memiliki kandungan klorofil yang tertinggi dari jenis teh hijau lainnya. Klorofil yang terkandung dalam daun matcha bukan lain merupakan detoks yang mujarab dan berguna untuk mengeluarkan logam berat  dalam tubuh, membuat tubuh lebih sehat.

7.     Matcha sebagai penenang pikiran

Bukan hanya minuman kopi saja yang mampu menenangkan alam bawah sadar kita. Teh matcha juga bisa menjadi alternatif jika anda tidak begitu suka dengan kopi.

L-theanin yang terkandung dalam matcha mampu membuat pikiran kita terelaksasi dan akan menimbulkan rasa tenang yang begitu mendalam.

Matcha Green Tea sudah seabad digunakan sebagai sarana bersantai sambil bermeditasi oleh Taois China dan Jepang serta Biksu Zen Budha.

8.     Matcha mampu meningkatkan memori dan konsentrasi

L-theanin yang terkandung dalam hijaunya daun matcha akan menimbulkan efek samping yaitu produksi dopamin dan serotonin, sebuah bahan kimia yang mampu meningkatkan mood, daya konsentrasi, dan meningkatkan ingatan memori kita (bukan memori dengan mantan tentunya :v). Sebuah manfaat yang dibutuhkan semua orang, termasuk saya :v

9.     Matcha mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sifat antibiotik yang terkandung dalam Matcha Green Tea telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Satu mangkuk Matcha Green Tea saja sudang mengandung kalium yang cukup besar, Vitamin A & C, besi, protein, dan kalsium.

Nah, sudah tahu kan apa saja manfaat yang dapat kita panen dari Matcha? Matcha selain digunakan sebagai peningkat daya kesehatan, matcha juga dapat membuat pipi kita lebih syantikk dan bersih.

            Jadi, buat anda yang sering melakukan perawatan kecantikan kulit wajah daripada buang-buang duit mending mencoba matcha sebagai alternatifnya. Berikut cara membuat masker wajah dari matcha:


Bahan yang dibutuhkan:

·       Satu sendok serbuk matcha, bisa dibeli di apotek maupun toko kosmetik yang terpercaya.
·       Air secikpnya. Apabila anda memiliki kulit yang kering, anda bisa mengganti air dengan jel lidah buaya.
Cara membuat maskernya:
·       Campurkan semua bahan ke dalam wadah yang bersih, lalu aduk hingga cukup mengental.
·       Oleskan ke wajah dan leher dengan kuas khusus. (menggunakan tangan juga tidak masalah, tapi kurang maksimal).
·       Diamkan selama 20 menit
·       Setelah itu bersihkan dengan air bersih, lalu lap menggunakan handuk yang bersih pula.
·       Gunakan pelembap wajah seperti biasanya.


Apabila anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda bisa menambahkan satu sendok madu dan satu sendok serbuk kunyit pada bahannya. Lalu lakukan langkahnya seperti di atas. Untuk hasil yang maksimal tentu bukan hanya dilakukan sekali, tapi berkali – kali secara rutin. Sekian, semoga tambah syantikk yaahh :v

Bagikan

Jangan lewatkan

Bongkar Tuntas Manfaat Matcha Green Tea
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>