Sabtu, 23 Juli 2016

Manfaat Manis Dari Kayu Manis

Manfaat manis kayu manis. Kayu manis sudah lebih dari ratusan tahun digunakan sebagai obat. Tumbuhan yang dalam bahasa ingris disebut cinnamon ini banyak dijumpai di toko-toko yang menyediakan bumbu dapur. Karena seperti pada umumnya, kayu manis ini juga digunakan sebagai pewangi dari masakan. Selain itu, serbuk kayu manis dapat dijadikan kue yang enak tentunya. Tapi kali ii saya tidak menyediakan resep maupun cara membuat kue dengan kayu manis. Tapi akan membahas manfaat manis dari kayu manis. Simak terus okeyy..
pixabay.com

Terdapat tiga jenis kayu manis, yaitu kayu manis ceylon, cassia, dan saigon. Ketiganya sama-sama memiliki manfaat yang manis, sama seperti namanya. Ketiga jenis dari kayu manis ini memiliki khasiat untuk kecantikan kulit.  Cocok buat anda yang rajin merawat kecantikan kulit. Meskipun sama-sama berkhasiat mempercantik kulit, tapi setiap jenis kayu manis memiliki rasa, aroma, dan kandungan coumarinnya berbeda.



Berikut manfaat manis dari kayu manis;

1.      Kayu manis dapat mencegah pembekuan darah

Kulit kayu manis mengandung pati minyak esensial yang disebut cinnamal dehide. Minyak ini mempunyai khasiat anti-pembekuan darah.

Minyak tersebut merupakan suatu bahan aktif yang dapat menahan darah dari menjadi “platelet” yaitu darah yang membeku, pekat, dan bertumpuk di pembuluh darah. Apbila minyak ini terlalu banyak dalam pembuluh darah maka akan mengganggu berlangsungnya aliran darah.

Selain itu, aliran darah dalam tubuh dapat dilancarkan dan jantung dapat terhindar dari komplikasi dengan cara mengkonsumsi serbuk dari kulit kayu manis dalam kadar yang sederhana/secukupnya. Aapabila aliran darah lancar, otomatis jantung mendapat pasokan darah dengan lancar pula. Sehingga penyakit yang berkaitan dengan jantung dapat diminimalisir.

2.     Kayu manis salah satu sumber anti oksidan.



Kandungan anti oksidan dalam kayu manis terbilang sangat tinggi. Anti oksidan sangat diperlukan tubuh untuk mencegah radikal bebas dan mengatasi sel-sel tubuh yang rusak.

Radikal bebas merupakan salah satu sumber penyakit. Apabila tubuh tidak bisa mengahadapi radikal bebas, maka secara perlahan penyakit akan menyerang. Adapaun penyakitnya yaitu penyakit jantung, infeksi, kanker kulit, dan lainnya. Tentu ini sangat berbahaya apabila tidak segera ditangani. Tidak ada salahnya kita mengkonsumsi kayu manis dengan porsi yang tepat untuk menghindari hal tersebut.

3.     Kayu manis dapat menyehatkan usus pencernaan

Kandungan minyaknya sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Selain kandungan minyak esensial, serat kayu manis juga bermanfaat untuk kesehatan.

Bagaimana kayu manis menjaganya?

Kayu manis memiliki kandungan serat dan kalsium. Kalsium dan serat ini akan mengeluarkan garam empedu dari tubuh. Apabila garam empedu keluar dari tubuh, maka serat akan melindungi sel-sel yang ada di usus besar. Sehingga terhindar dari resiko kanker usus.

Baca Juga:


Setelah garam empedu habis keluar dari tubuh, tubuh akan menggunakan kolesterol untuk menghasilkan garam empedu yang baru. Nah, dengan demikian masalah dengan kolesterol juga dapat teratasi apabila anda mengkonsumsi kayu manis.

4.     Kayu manis juga dapat mengobati radang sendi

Kayu manis dapat mengobati radang sendi dengan cara dibuat sebuah minuman dengan madu.

Radang sendi atau arthritis adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh itu sendiri. Sistem kekebalan tubuh akan menyerang tubuhnya sendiri sehingga menimbulkan peradangan pada banyak sendi dalan jangka waktu yang lama.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa panas di sekitar sendi. Menurut penelitian, wanita lebih berisiko mendapatkan penyakit ini dibandingkan dengan pria, perbandingannya 3:1. Jadi untuk anda para wanita, diwajibkan untuk menjaga etul kesehatannya. Sang pria juga bertanggung jawab atas kesehatan kekasih tercinta. Eaakkk :v

Caranya sangat mudah, anda cukup mencampurkan dua sendok madu dengan satu sendok serbuk kayu manis. Lalu tuangkan air panas, minum setiap pagi dan sebelum tidur. Minuman ini dapat dipercaya menyembuhkan radang sendi.



Hal ini dikuatkan dari adanya sebuah penelitian yang dilakukan di University Kopenhagen dengan melibatkan 200 pasien penderita radang sendi.

5.     Teh yang terbuat dari kayu manis dapat membuat kulit menjadi mulus

Kayu manis ternyata bermanfaat dibidang kecantikan, jadi buat anda para wanita tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi kayu manis. Caranya juga tidak sulit, hanya menjadikan kayu manis sebagai minuman teh, anda sudah bisa mencicipi manisnya manfaat dari kayu manis ini.

Caranya adalah dengan mendidihkan air panas, lalu celupkan beberapa kayu manis ke dalamnya. Tambahkan sedikit madu supaya rasanya lebih mix. Anda juga dapat menambahkan perasan jeruk lemon agar rasanya fresh. Setelah itu teh kayu manis siap untuk diminum.

Peringatan :

-        Jangan meminum teh kayu manis lebih dari satu gelas setiap hari.
-        Kayu manis dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah, tentu ini berbahaya bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mendapatkan saran dokter yang pas.

6.     Kayu manis juga dapat meningkatkan kemampuan belajar.

Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan tim penelitian dari Rush University Medical Center Illinois Amerika, menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kayu manis dapat meningkatkan kemampuan belajar.

Cara Kerjanya

Peneliti menjelaskan bahwa yang berpengaruh dari kayu manis terhadap otak adalah Natrium Benzoat. Natrium benzoat merupakan suatu zat kimia yang diekstrak dari kayu manis yang dihasilkan metabolisme tubuh oleh hati.

Anti oksidan dan inflamasi yang dilakukan oleh natrium benzoat membuat neuron menjadi sehat dan kuat. Hal ini yang menyebabkan para ilmuwan setuju natrium benzoat digunakan sebagai obat saraf.

Demikian penjelasan singkat mengenai manfaat manis dari kayu manis.





Bagikan

Jangan lewatkan

Manfaat Manis Dari Kayu Manis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>