Rabu, 20 Juli 2016

Tips Sehat Walau Makan Makanan Berlemak

Tips Sehat Walau Makan Makanan Berlemak



Berikut makanan berlemak tapi sehat yang dapat anda konsumsi tanpa merasa khawatir;

1.      Cokelat Hitam / Dark Chocolate

Cokelat menjadi favorit bagi sebagian orang. Makanan favorit ini memang berlemak, tapi juga bermanfaat. Manfaatnya sebanding dengan rasanya.
Cokelat memiliki 11% serat, magnesium, tembaga, mangan, dan antioksidan yang lebih dari blueberry. Kolesterol berbahaya dan menurunkan tekanan darah adalah manfaat dari beberapa antioksidan yang terkandung dalam cokelat.

Manfaat cokelat lainnya yaitu melindungi kulit dari sinar matahari dan menjauhkan diri dari penyakit serangan jantung (berdasarkan studi).

2.     Biji Rami

Biji rami mengandung omega3 dan asam lemak dimana dapat membantu meningkatkan keshatan jantung dan funsi otak. Selain itu, antioksidan dan nutrisinya yang bersifat estrogen dapat mencegah beberapa jenis kanker.

3.     Extra Virgin Olive Oil

Minyak zaitun menjadi makanan yang wajib dalam diet sehat. Karena sudah terbukti manfaatnya. Extra Virgin Olive Oil mengandung vitamin E dan K dan dibalut dengan antioksidan kuat yang dapat melawan peradangan. Manfaat lainnya yaitu dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

4.     Lemak ikan

Beberapa ikan seperti salmon, mackerel dan herring memiliki kandungan omega 3, asam lemak, protein berkualitas tinggi, dan nutrisi penting lainnya yang dapat membuat jantung kita sehat. Dengan memiliki jantung yang sehat tentu dalam menjalani aktivitas sehari-hari kita menjadi lebih enak.

Selain itu, protein yang terkandung di dalamnya juga membantu untuk pertumbuhan anak dan perkembangan otak.


Mengkonsumsi ikan juga sangat dianjurkan karena studi telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi banyak ikan akan lebih sehat karena terhindar dari resiko penyakit jantung, depresi, demensia, dan penyakit umum lainnya.

5.     Alpukat

Alpukat memang makanan yang berlemak, tapi lemak yang terkandung adalah lemak yang sehat. Buah alpukat cenderung lebih banyak lemaknya daripada karbohidrat.

Alpukat juga merupakan sumber yang baik dari magnesium, potassium, zat besi, zinc, asam dan vitamin volat A, B3, B5, B6, B12, C, E dan K.

               Setelah mengetahui lima jenis makanan yang berlemak tapi sehat, kemudian bagaimana caranya untuk makan makanan berlemak tapi tubuh tidak ikut bengkak? Simak kelanjutannya.


·        Pilih Lemak yang Sehat

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa tidak semua makanan  berlemak tidak sehat. Anda harus jeli memilih makanan berlemak tapi sehat. Anda harus memilih makanan berlemak tak jenuh karena lemak inilah yang sehat.

Lemak tak jenuh banyak terkandung dalam Minyak canola, minyak zaitun, buah zaitun, alpukat, kacang-kacangan, dan selai kacang.

·        Hindari makanan bersodium dan berlemak jenuh

Makanan yang berlemak jenuh dapat kita kenali dengan ciri berupa daging dan turunan susu berlemak. Selain itu minyak kelapa, minyaak kelapa sawit, dan mentega juga termasuk didalamnya.

Kolesterol biasanya banyak terdapat pada daging hewani. Kadar kolesterol dapat meningkat apabila anda mengkonsumsi jenis makanan ini.

Untuk makanan yang bersodium/garam, dapat kita kenali yaitu berupa makanan yang diasinkan, diasap, diberi soy sauce, saus teriyaki, dan pemberian MSG. Sebaiknya anda mengindari makanan ini.

·        Masak menu sehat

Apabila anda ingin bersantap enak tapi khawatir dengan kadar kolesterol dan kadar lemak meningkat, anda seharusnya berusaha untuk menyajikan menu yang rendah kolesterol, rendah lemak, maupun rendah garam.

Apabila anda tidak mau terganggu kesehatannya atau dalam masa diet sehat, anda perlu menghindari menu yang digoreng, dibakar, penuh mentega, krim, atau keju.
Makanan yang diolah dengan cara dipanggang, direbus, dan dikukus jauh lebih sehat dibanding dengan yang digoreng dan lainnya.

Begitulah tips dan cara untuk memakan makanan berlemak tapi tetap sehat. Semoga bermanfaat.








Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Sehat Walau Makan Makanan Berlemak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>