Minggu, 04 September 2016

Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan Meminum Air Putih

               Cairan dalam tubuh sama penting halnya dengan otak. Apabila terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh walau hanya 1% saja. Akan berdampak bagi kelangsungan fungsi sel-sel organ tubuh. Meminum air putih bukan hanya untuk menghapus dahaga. Tapi juga untuk menunjang kesehatan dan kebutuhan tubuh.

Manfaat dan kelemahan meminum air putih sehari-hari
pixabay.com

               Penelitian menunjukkan bahwa apabila tubuh anda 1% saja dehidrasi, maka fungsi organ tubuh akan terganggu. Otak anda akan terganggu sehingga kurang fokus dengan apa yang ada di depan anda, suasana hati jadi sedikit kurang tenang, darah anda jadi lebih terkonsentrasi yang membuat ginjal menahan air keluar sehingga urine yang keluar hanya sedikit.

               Apabila anda merasa lelah, berarti anda sudah dehidrasi. Apabila anda tetap memaksakan dan tidak segera meminum air akan berakibat pingsan.

Baca Juga:



Lalu, bagaimana agar terhindar dari kekurangan cairan dalam tubuh?

Untuk memenuhi pasokan air dalam tubuh harus sesuai dengan situasi dan kondisi. Misalnya antara pekerja lapangan dan pekerja kantoran. Tentu kebutuhan akan air jauh berbeda, contoh lain yang sangat sederhana adalah antara anak kecil dan anak dewasa. Beda jauh…


Beragam manfaat minum air putih setiap hari
Dengan mengetahui manfaat meminum air putih setiap hari diharapkan kita jadi lebih termotivasi untuk meminumnya. Ini dia manfaatnya:


·       Menurunkan berat badan

Air putih yang notabennya mineral tidak mengandung kadar gula. Sesering apapun anda meminumnya tidak akan berpengaruh pada berat badan anda. Justru bagus malah, untuk memperlancar saluran pencernaan. Melarutkan lemak dan sebagainya.
Jadi, apabila anda sedang diet dan takut meminum minuman berkabohidrat atau minuman lainnya yang dapat menambah berat badan, anda cukup menggantinya dengan air putih.

·       Pikiran menjadi lebih fokus

Apabila anda dehidrasi, anda akan kurang produktif dan kurang fokus dengan pekerjaan anda. Apabila anda ingin terhindar dari masalah tersebut, hindari yang namanya dehidrasi.

·       Menurunkan risiko diabetes

Meminum air putih yang cukup dapat membantu masalah metabolisme, terutama yang dapat mengakibatkan diabetes. Bahkan, penelitian dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa dengan mengganti minuman manis dengan air putih dapat menurunkan risiko terkena diabetes 17%.

·       Menghilangkan jerawat dengan air putih


Timbulnya jerawat disebabkan salah satunya karena kulit wajah berminyak. Dengan meminum air putih yang cukup setiap harinya akan membantu menurunkan produksi minyak sehingga risiko jerawat berkurang.

Akan tetapi, apabila anda meminum air putih atau air terlalu banyak dan tidak sesuai kebutuhan produktivitas anda sehari-hari juga akan menimbulkan masalah lain.

Kita sering mendengar perkataan orang lain bahkan orang tua kita sendiri bahwa dengan meminum air putih sebanyak-banyaknya tubuh akan menjadi sehat. Memang benar dengan meminum air putih yang banyak, tubuh akan sehat. Namun bila tidak sesuai porsi yang dibutuhkan tubuh akan timbul masalah-masalah berikut ini:

·       Meminum air berlebihan meningkatkan kerja ginjal

Meminum air berlebihan dapat menyebabkan anda sering buang air kecil. Secara ilmiah berarti kinerja ginjal akan semakin cepat untuk menyaring cairan. Apabila anda minum air putih secara terus-menerus tanpa istirahat, darah anda akan menjadi encer dan ginjal tidak dapat dengan cepat menyaring cairan tersebut

·       Tekanan jantung meningkat.

Volume total darah akan meningkat yang mengakibatkan terjadinya detakan jantung yang tidak perlu

·       Meminum air berlebihan memengaruhi sistem perdaran darah

Hal penting untuk tidak dilakukan adalah meminum air putih banyak sekaligus. Karena dapat menyebabkan mencairnya cairan tubuh sehingga tingkat natrium dalam tubuh anda akan sangat rendah dan mengakibatkan sel – sel tubuh membengkak. Apabila sel membengkak, sel-sel otak juga turut membengkak. Setelah itu tubuh akan kehilangan kesadaran, kejang-kejang, pingsan.

Kalau anda perhatikan, para atlit lari maupun atlit sepakbola meskipun setelah selesai kelaleahan tetapi meraka tidak meminum air banyak secara sekaligus.





Bagikan

Jangan lewatkan

Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan Meminum Air Putih
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>