Selasa, 06 September 2016

Bahaya Tersembunyi Dibalik Membaca

Membaca, apalagi membaca buku novel maupun buku yang berisi ilmu pengetahuan memang asyik dan dapat menambah wawasan. Apalagi ketika membaca ditemani secangkir teh manis serasa dunia ada di genggaman anda.



Bahaya tersembunyi dari membaca
wikimedia.org

Membaca memberikan banyak manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung membaca dapat menambah wawasan selagi apa yang kita baca berguna dan bermanfaat. Secara tidak langsung membaca dapat mengisi waktu luang kita dengan tindakan yang positif yaitu membaca.

Selain itu, otak kita akan berimajinasi tentang apa yang kita dapatkan dari buku yang dibaca. Kita dapat menarik sebuah kesimpulan dan mempelajarinya kemudian diterapkan di kehidupan nyata. Tentu saja semua yang kita lakukan bersifat positiv.

Baca Juga:

Apakah anda pernah menghabiskan berjam-jam duduk sambil membaca sebuah novel padahal sudah larut malam tapi belum mengantuk juga? Anda masih terbayang dengan sebuah tokoh fiktif yang mungkin karakter atau kisah hidupnya sama seperti yang sedang anda alami di kehidupan sekarang. Atau karena sifat dan perilakunya yang cool maupun cerdik sehingga anda kesengsem dan terinspirasi untuk mempraktikannya di kehidupan nyata.

Ketika anda membaca sebuah novel cinta, pikiran imajinasi anda akan terangsang untuk masuk ke dalam cerita tersebut. Gairah percintaan anda juga akan ikut terbawa. Anda akan membayangkan bagaimana kalau anda menjadi tokoh si A dan menjadi tokoh si B. Begitu pula ketika anda membaca novel atau cerita action, anda akan melakukan seolah – olah sama persis dengan yang ada pada buku tersebut.


bahaya membaca
pixabay.com



Selama buku yang dibaca mengenai hal – hal positiv. Kegiatan membaca anda tidak akan berdampak buruk kepada mental pribadi anda. Contohnya ketika anda membaca buku cerita atau novel horor. Mental anda akan menjadi sedikit penakut, kecuali kalau anda memang sudah kebal terhadap hal-hal magis. Cerita seseram mungkin malah akan membuat anda semakin penasaran.

Begitu juga dengan membaca hal-hal yang berbau kriminal. Anda cenderung akan mengetahui trik-trik untuk mencuri atau semacamnya dan apabila ada kesempatan pasti anda berpikir untuk mencoba kemudian mempraktikannya seperti pada buku cerita yang dibaca.


membaca berbahaya
pixabay.com


Beda lagi dengan membaca sebuah buku pelajaran atau pengetahuan. Hal ini tentu akan menambah luas pengetahuan kita dan merupakan kegiatan yang ssangat positif untuk dilakukan. Selain menambah wawasan, menambah kecerdasan pula.


Ketika kita membaca sebuah buku cerita atau novel entah itu bergenre romantis, action, horor, comedy dan sebagainya kita akan masuk ke dunia tersebut dan seolah – olah kita ada di dalamnya. Beberapa dari cerita yang dibaca mungkin ada yang seperti kisah hidup kita. Seperti kisah cinta antara teman sebangku.

Perlu anda ketahui, ketika kita menggunakan imajinasi kita melalui proses membaca dengan tidak bijak malah akan menimbulkan bencana. Seringnya kecemasan. Namu apabila anda mampu memilih dna memilah cerita yang anda baca, hal ini bukan suatu masalah yang besar.

Bagaimana menghindari bahaya apabila sedang membaca?

Caranya adlah ketika anda menemui bacaan yang tidak sepatututnya anda baca misalnya bagaimana cara membunuh dengan kejam atau yang lainnya yang dapat membuat anda menjadi takut mending di biarkan saja dan tidak perlu dibaca. Tapi kebanyakan dari kita malah membacanya karena rasa penasaran yang menuntun untuk membaca.

Jadi, anda harus pilih dulu mana buku yang pantas menjadi bacaan anda tanpa mengganggu mental maupun perassan anda. Bijak dalam menbaca dapat menaklukan dunia.

Bagikan

Jangan lewatkan

Bahaya Tersembunyi Dibalik Membaca
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>